Tuesday, December 23, 2014

Surga Makanan Enak Ada di Indonesia

Merasakan makanan ini bagaikan berada di surga, tak terbayangkan nikmatnya
Era akhir babak kedua #blogchallenge ini ditutup dengan absen-nya aku pada tema minggu lalu (review atas makanan sehat alias juice/smoothies/etc). Alasannya cuma satu karena belum pernah beli coklat (kesian si Hayyu beli coklat terus sebagai hukuman tidak nulis). Maafkan aku Hayyu *sungkemm. 

Baiklah demi atas kemaslahatan bersama dan memenuhi tuntutan tema termutakhir a.k.a tema yang kelihatannya paling sulit bener-bener serius, maka aku akan mencoba untuk sedikit berpikirrrrr. *mengerutkan kening. 

Ialah "Good News From Indonesia", tema yang sengaja ku pilih karena selama ini sudah merasa bersalah, seringkali mencaci membabibuta menganaktirikan negeri sendiri. Padahal jika kita telusur lebih dalam, apa salahnya lahir di nusantara sebagai warga pribumi yang berkulit hitam sawo matang, berambut keriting lurus bermata belo'?

Sejujur-jujurnya, aku ingin menulis sejarah kejayaan nusantara tetapi apa daya, waktuku terlanjur habis dengan batuk menghuru-hara, *uhukuhukk. Jadilah aku mengulas sekelumit cerita tentang Indonesia surga berbagai makanan terenak.

Luwe ora Luwe sing penting mangan. Bagiku, lapar ataupun tidak lapar yang terpenting makan. Jika ditanya kenapa, jawabannya karena aku kurus tetapi aku doyan makan. Apalagi setiap pergi ke kota yang baru pertama kali disinggahi. Satu hal yang tak boleh terlewati ialah memakan makanan khas daerah tersebut. Lantas, apa saja makanan enak nusantara?

Di Aceh ada ayam tangkap, mie Aceh, sate lembu, dst.
Ayam Tangkap - temukan dan tangkaplah potongan ayam diantara daun-daun
Di Padang ada rendang, gulai kepala ikan kakap, dst.
Sup Kepala Ikan Kakap - tergolong makanan mahal di restoran Padang
Di Palembang, ada pempek, tekwan, model, martabak kubang, dst.
Tekwan - hangat dan enak, That's it
Di Tangerang ada Laksa
Laksa - Spageti ala Tionghoa Melayu
Di Jakarta ada gado-gado, ketoprak, dst
Ketoprak - serupa gado-gado tapi tanpa sayuran
Di Yogyakarta ada gudeg
Gudeg - manis dan santan
Di Makassar ada coto, konro, dst
Konro Bakar - Ingat kolesterol, Gan

Di Papua ada papeda, sate rusa, dst.
Papeda - Lengkett
Dari kesemua makanan enak nusantara, hanya papeda dan sate rusa yang belum pernah aku coba. Alasannya, kalau papeda belum pernah ketemu restorannya sementara sate rusa konon katanya masih lebih enak sate kambing. Hahaahaa, intinya dibanding semua masakan yang kebarat-baratan, masakan Indonesia masih lebih berwarna, berbumbu kuat dan enak pake banget. Bagaimanapun, mau tempatnya jauh, mau dekat, mau nyaman, mau dipinggir jalan, mau kaki lima, mau desak-desakan, asalkan rasa makanannya enak. Ayo jabaninn.
Peringatan: Hati-hati kolesterol tinggi. *peace

4 comments:

  1. Tekwaaaaaan aaaaaaakkkkkkkk. Pindang patinnya belom tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakk, pindang patinn *slurpppppppppp

      Delete
  2. Replies
    1. Laper ngana?! Makannn biar genduttttttt.. hahahhahaa :D

      Delete